SOSIALISASI DIGITAL MARKETING STRATEGY DI DESA SUMAMPIR

SALUT! Mahasiswa Tim II KKN UNDIP Memberi Edukasi Digital Marketing Strategy Kepada Pelaku UMKM Sekaligus Pembuatan Website UMKM Di Desa Sumampir

Desa Sumampir, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga (27/07/2022) – Mahasiswa yang tergabung dalam KKN Tim II UNDIP tahun 2022 mengadakan edukasi pentingnya strategi pemasaran secara digital (Digital Marketing Strategy) pada UMKM Cahaya Craft dan UMKM OKA STICK serta pembuatan website sebagai media branding UMKM tersebut.

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) menjadi salah satu penopang perekonomian negara karena dilansir dari laman Badan Koordinasi Penanaman Modal (BPKM) dikatakan bahwa UMKM memiliki kontribusi sebesar 61,97% pada total PDB Nasional tahun 2020. Dalam kaitannya dengan pencapaian SDG’s, UMKM memiliki peran dalam mewujudkan tujuan SDG’s nomor 8 tentang pertumbuhan ekonomi. Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat para pelaku UMKM harus dapat beradaptasi guna mengembangkan bisnis mereka, terutama dengan penggunaan Digital Marketing sebagai media branding maupun marketing dari UMKM. Diperlukan pemberdayaan UMKM dalam beradaptasi dengan dunia digital saat ini, maka dilakukan pelaksanaan program kerja dari KKN Tim II Universitas Diponegoro Periode 2021/2022 Desa Sumampir dengan pemberian edukasi Digital Marketing Strategy serta membantu dalam pembuatan website UMKM menggunakan platform Google Sites.

Desa Sumampir dikenal sebagai wilayah dimana jumlah UMKM cukup banyak serta dijadikan sebagai salah satu mata pencaharian masyarakat. Namun letak geografis Desa Sumampir yang cukup jauh dari wilayah kota membuat akses informasi mengenai UMKM di Desa Sumampir sangat minim. Terlebih para pelaku UMKM di Desa Sumampir masih sangat jarang menggunakan media sosial, media digital, maupun e-commerce karena kurangnya pemahaman para pelaku UMKM. Hal itu berimbas pada kurangnya pemahaman pelaku UMKM Desa Sumampir mengenai teknik – teknik dalam branding maupun pemasaran produknya dalam media online yang dapat menjangkau lebih banyak pelanggan serta adanya efisiensi waktu dan biaya.

Program kerja ini bertujuan untuk memberi pemahaman terhadap pelaku UMKM yang tergabung dalam UMKM Cahaya Craft dan UMKM OKA STICK terkait pentingnya strategi pemasaran secara digital serta pemakaian platform Google Sites sebagai media branding serta perluasan pemasaran produk secara online. UMKM Cahaya Craft itu sendiri merupakan UMKM yang bergerak pada jenis produk kerajinan tangan, sedangkan UMKM OKA STICK memproduksi olahan makanan berupa pangsit yang dapat tahan selama 1 bulan lebih. Pelaksanaan program ini dilakukan secara door to door pada rumah produksi masing-masing UMKM yang dilakukan sehari pada hari Rabu, 27 Juli 2022.

Homepage Website UMKM

Pelaksanaan program ini diadakan sekitar ± 1 jam dengan rundown acara berupa: 1) Pengenalan Program termasuk tujuan dari program kerja; 2) Pemberian edukasi terkait Digital Marketing Strategy; 3) Pengedukasian penggunaan e-commerce dan website sebagai media promosi; dan 4) Pembuatan website UMKM oleh Mahasiswa KKN UNDIP (Putra Baning Bagas) dengan menggunakan platform Google Sites. Program kerja ini diharapkan menjadi jalan awal bagi UMKM tersebut dalam mengembangkan bisnisnya terutama pada promosi, branding, serta marketing UMKM tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll to Top