KKN UNDIP SOSIALISASI MITIGASI BENCANA DI DESA SUMAMPIR

Desa Sumampir, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga (15/07/2022)

Bencana tanah longsor merupakan bencana yang sudah sering terjadi di wilayah Desa Sumampir. Beberapa tahun yang lalu, bencana tanah longsor terjadi di wilayah Desa Sumampir hingga menyebabkan kerugian berupa material. Bencana dan dampak seperti ini sebanarnya dapat dikendalikan apabila masyarakat mengerti bagaimana tata cara penanggulangan dan mitigasi bencana tanah longsor secara tepat. Banyak sekali masyarakat desa dari kalangan anak anak hingga dewasa masih belum mengerti mengenai pencegahan dan mitigasi bencana tanaH longsor secara tepat. Dari permasalahan tersebut, terciptalah program kerja berupa pemaparan mengenai penanggulangan dan mitigasi bencana tanah longsor.  

Sosialisasi atau pemaparan mengenai penanggulangan dan mitigasi bencana tanah longsor ini merupakan salah satu program kerja monodisiplin. Program ini dilaksanakan di salah satu sekolah dasar di Desa dengan peserta merupakan siswa siswi kelas 6 SD. Sosialisasi yang diberikan berupa materi sedikit mengenai latar belakang bencana tanah longsor dan dilanjutkan untuk tata cara penanggulangan dan mitigasi untuk bencana tanah longsor tersebut. dilakukan pual pembagian leaflet yang berisi mengenai materi yang diberikan dengan tujuan siswa siswi dapat lebih memahami materi yang sedang disampaikan.

Acara pemaparan berlangsung lancar dan cukup ramai. Siswa siswi peserta terlihat sangat antusias dalam mengikuti acara pemaparan tersebut. Terlihat cukup banyak siswa siswi seolah dasar yang aktif bertanya maupun menjawab seputar materi yang telah disampaikan. Pada sesi akhir acara, dilakukan permainan sederhana bersama siswa siswi seolah dasar tersebut dengan tujuan dapat terjalin komunikasi yang baik dan mempererat hubungan antara siswa siswi sekolah dasar dengan mahasiswa KKN. Demikianlah acara pemaparan telah dilaksanakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll to Top