KEGIATAN OUTING CLASS PENGOLAHAN SAMPAH DAN PENANAMAN BIBIT CABAI BAGI ANAK SD & MI OLEH TIM KKN UNSOED TAHUN 2023

Outing Class merupakan salah satu program pembelajaran yg bertujuan memberikan keterampilan dan keahlian dasar tertentu sebagai sarana menumbuhkan kreativitas siswa. Selain itu outing class merupakan metode belajar yg menyenangkan, mengajarkan kepada siswa untuk lebih dekat dengan alam dan lingkungan sekitar. 

Dalam rangka membantu sekolah-sekolah yang berada di sekitar Desa Sumampir, Tim KKN UNSOED 2023 yang ditempatkan pada desa Sumampir mengimplementasikan Rangkaian Kurikulum Merdeka Belajar yaitu Outing Class dengan Tema “Pengolahan Sampah” dan “Penanaman Bibit Pohon” yang merupakan pembelajaran di luar kelas pada beberapa SD/MI seperti SD 1 Sumampir, SD 2 Sumampir, SD 3 Sumampir, dan MI Sumampir.

Kegiatan outing class “Pengolahan Sampah” dilaksanakan bersama siswa siswi SD 1, 2, dan 3 Desa Sumampir pada hari kamis tanggal 20 Juli 2023 untuk SD 1 dan 2 Sumampir, hari jumat 28 Juli 2023 untuk SD 3 Sumampir. Kami mengajak peserta didik belajar dan praktik langsung mengenai pengolahan sampah plastik berupa botol bekas, plastik makanan, sedotan bekas dan kardus bekas yang diolah menjadi barang ekonomis. Peserta didik diajak berkelompok dengan tujuan agar meningkatkan adanya kerjasama tim antar murid dalam praktik pembuatan barang ekonomis. Produk yang dihasilkan oleh kegiatan ini berupa  tempat pensil dari botol dan sedotan bekas, pigura dari kardus bekas, celengan dari botol bekas, vas bunga dari botol bekas, dan bunga dari plastik bungkus makanan. 

Pada hari Sabtu, tepatnya di tanggal 29 Juli 2023, kami mengadakan Outing Class dengan tema “Penanaman Tumbuhan” menggunakan bibit cabai. Sasaran dari kegiatan ini yaitu kelas 5 pada MI Sumampir. Siswa/i yang mengikuti penanaman pohon ini berjumlah 38 yang berasal dari kelas 5A dan 5B. Kegiatan ini dimulai pada pukul 08.00 WIB yang diawali dengan pemberian materi pengenalan mengenai pengertian tumbuhan, jenis-jenis tumbuhan, waktu panen tumbuhan yang akan ditanam, cara penanaman, dan perawatan tumbuhan. Selanjutnya, siswa/i diarahkan untuk berjalan sama-sama ke tempat penanaman bibit yaitu Bustanul. Di Bustanul Siswa/i diberikan penjelasan kembali berupa praktik penanaman bibit secara langsung, setelah dicontohkan siswa/i mempraktikkan sendiri bagaimana cara penanaman bibit cabai beserta penyiramannya. Sebelum penutupan, dilakukan review terhadap 38 Siswa/i tersebut berikut dengan cara perawatan bibit. Dari hasil Outing Class ini, siswa/i berhasil menanam secara mandiri bibit cabai pada lahan yang disediakan serta mengenal jenis dari tanaman yang ditanam yaitu tanaman kebun yang senantinya dapat dipanen jika sudah di waktu yang tepat.

Dokumentasi Kegiatan Outing Class dan Penanaman Bibit Cabai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top