Profil Desa

Desa Sumampir adalah salah satu desa dari 12 desa dan kelurahan yang ada di Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga. Jarak tempuh dari desa ke kota kecamatan adalah 2 kilo meter ke arah timur, sedangkan jarak tempuh dari pusat desa ke kota kabupaten adalah 35 kilo meter. Luas wilayah Desa Sumampir 575 hektar (ha), yang terbagi menjadi tiga bagian yaitu 45 hektar untuk pemukiman, 280 hektar untuk persawahan dan 250 hektar untuk tanah daratan (Data Monografi Desa Tahun 2013).

Batas-batas administratif Desa Sumampir Kecamatan Rembang Kabupaten Purbalingga adalah sebagai berikut :

  1. Sebelah Utara : Desa Panusupan dan Tanalum
  2. Sebelah Timur : Desa Losari
  3. Sebelah Selatan : Desa Bodaskarangjati
  4. Sebelah Barat : Desa Makam

Selain itu wilayah Desa Sumampir, juga termasuk desa yang mempunyai pedukuhan paling banyak dibandingkan dengan desa lainnya di Kecamatan Rembang, di antaranya yaitu dukuh :

  1. Klunthung
  2. Tipar
  3. Karang Nangka
  4. Malang
  5. Sipendok
  6. Pandak
  7. Dukuh Kembang
  8. Igir Marong
  9. Bak
  10. Bangsanaya
  11. Kedung Talang
  12. Sititir
  13. Sibapang
  14. Gunung Pogog
  15. Pojok
  16. Kedung Iyom
  17. Suraganda
  18. Dukuh Tengah

Desa Sumampir menjadi pusat pemerintahan desa, oleh karena itu berbagai fasilitas umum berada di Desa Sumampir, baik fasilitas pemerintahan seperti balai desa, posyandu, dan fasilitas ekonomi seperti pasar. Kondisi wilayah pedukuhan tersebut, bergunung-gunung, antara satu pedukuhan yang satu dengan pedukuhan yang lainnya dipisahkan oleh hamparan kebun dan perbukitan, dengan jarak mencapai satu sampai dua kilometer.

Walaupun pedukuhan tersebut berada di pegunungan tetapi masyarakat di pedukuhan perekonomiannya cukup maju karena tanahnya cukup subur sehingga dapat ditanami berbagai macam hasil perkebunan seperti kelapa, kopi, kapolaga, cengkeh dan tanaman rempah. Selain itu banyak juga pengrajin gula kelapa dan gula aren yang cukup terkenal di Kecamatan Rembang. Oleh karena itu pemerintah desa tetap mengupayakan agar pedukuhan tersebut tetap bisa menjadi pedukuhan yang ramai yaitu dengan pembangunan jalan-jalan desa yang bisa diakses kendaraan roda empat.

Jumlah penduduk Desa Sumampir sebesar 9.802 jiwa yang terdiri dari 5.053 jiwa penduduk laki-laki dan 4.749 jiwa penduduk perempuan dengan kepadatan penduduk 250 jiwa/ . Jumlah rumah tangga di Desa Sumampir 2466 KK dan rata-rata anggotanya 3 sampai 4 jiwa. Jumlah bayi 157 orang dan jumlah anak usia 1-5 tahun sebanyak 494 orang. Dengan luas wilayah yang hanya 575 ha dan ditinggali oleh 9.802 jiwa, Desa Sumampir,bisa dikatakan termasuk desa yang sangat padat, tetapi dari tahun ke tahun pertumbuhan penduduk Desa Sumampir dapat dibilang stabil, di mana adanya keseimbangan antara kelahiran dan kematian, serta jumlah penduduk yang masuk keluar atau pindah dari Desa Sumampir. Jumlah penduduk Desa Sumampir jika dibandingkan antara laki-laki dan perempuan, perbandingannya tidak terlalujauh. Jumlah laki-laki lebih besar sedikit dibandingkan dengan perempuan, hal ini dikarenakan tingkat kelahiran dan kematian keduanya seimbang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top